UNIKA SANTO THOMAS GLAR AKSI DONOR DARAH DAN PEMERIKSAAN KESEHATAN

Unika Santo Thomas menyelenggarakan kegiatan Donor Darah dan Pemeriksaan kesehatan gratis yang diikuti oleh Civitas Akademika Unika, di Gedung Campus Ministry pada Senin, 14 Oktober 2024. Kegiatan ini merupakan bagian dari bakti sosial yang di selenggarakan oleh Campus Ministry.

Kegiatan donor darah dan pemeriksaan kesehatan dimulai dari pukul 09.00 wib s/d 16.00 wib Kegiatan ini berupaya dalam menggalang kesadaran akan pentingnya kepedulian sosial di lingkungan kampus. Dan merupakan salah satu bentuk kepedulian keluarga besar Unika untuk berbagi kasih, khususnya bagi mereka yang membutuhkan donor darah.

“Jadi setetes darah itu sangat berarti bagi yang membutuhkan, dan ini wujud kepedulian kita bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan,” ujar Dokter Zeid Alian Mandhy selaku dokter yang bertugas dari tim PMI.

Proses donor darah berlangsung dengan aman dan nyaman bagi peserta secara tim medis yang dikerahkan memberikan penjelasan mengenai manfaat serta prosedur donor darah dengan ramah dan baik. Sebelum darah didonorkan, peserta di cek dulu kestabilan tubuhnya apakah dapat mendonorkan darahnya atau tidak. Jika tidak bisa donor darah kamu bisa memilih pemeriksaan kesehatan, jika ada keluhan yang sering dirasakan makan akan dilakukan pemeriksaan melalui darah sesuai dengan alat kesehatan yang disediakan dari tim medis.

Sementara itu, tim panitia kegiatan Donor Darah Unika Dokter Melda selaku Dokter di Klinik Campus Ministry mengatakan, pendaftar akan dilakukan skrining kesehatan terlebih dahulu sebelum menjadi pendonor. Donor darah sebaiknya dilakukan dalam keadaan sehat.  Ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan sebelum donor darah, seperti kadar Hb dalam darah dan tekanan darah harus dalam keadaan normal serta pendonor juga harus cukup tidur minimal 7 jam. Sementara itu, pemeriksaan kesehatan gratis bekerja sama dengan Kalbe juga mendapatkan banyak peminat sekitar 50 orang dari seluruh civitas akademika yang mendaftar.Kantung darah yang terkumpul sekitar 35 kantong, akan disalurkan pada rumah sakit yang membutuhkan melalui PMI Kota Medan.

Ucapan terimakasih perwakilan dari Dosen, Tenaga Kependidikan dan Mahasiswa atas terlaksananya aksi donor darah dan pemeriksaan kesehatan ini menjadi kegiatan yang sangat bermanfaat bagi saudara kita yang sangat membutuhkan darah. Harapan mereka kiranya kegiatan ini bisa terlaksana dengan rutin dan konsisten setiap pelaksanaannya.

Kegiatan donor darah tahunan ini akan dilaksanakan setiap tahun secara rutin oleh pihak Universitas yang diselenggarakan di Kampus Ministry. Kegiatan ini didukung oleh Kalbe serta Palang Merah Indonesia. Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi mereka yang membutuhkan.

(a/humas)